STOKIST NASA AG- 3046 Info Pemesanan Atau Daftar Member NASA Hubungi Rindra NASA Telf/ SMS / WA : 0823-3402-0868+62-855-7484-4543

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KARET DAN PENCEGAHANNYA

JUAL PUPUK UNTUK KARET 082334020868

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KARET
1)      Hama
Kutu tanaman (Planococus citri)
Gejala : merusak tanaman dengan mengisap cairan dari pucuk batang dan daun muda. Bagian tanaman yang di isap menjadi kuning dan kering. Pengendalian : dengan menggunakan BVR atau Pertona.
Tungau (hermi tarsonomus, paratetranichus)
Gejala: mengisap cairan daun muda , daun tua, pucuk, sehingga tidak normal dan kerdil, daun berguguran . Pengendaliannya menggunakan BVR atau Pestona.
HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KARET DAN PENCEGAHANNYA
2)      Penyakit
Penyaki yang menyerang bagian akar, batang, daun dan bidang sadap, sebagian besar di sebabkan oleh jamur. Penyakit tersebut antara lain :
1.      Penyakit pada akar : akar putih (Jamur Rigidopores lignosus), Akar Merah (jamur Ganoderma pseudoferrum) Jamur uapas(Jamur Corticium Salmonicolor)
2.      Penyakit pada batang : Kanker bercak (Jamur Phytophthora palmivora), Busuk pangkal batang (jamur Botrydiplodia theobromae)
3.      Penyakit pada bidang sadap : kanker garis (jamur Phytophthora palmivora), Mouldy rot (Jamur Ceratocystis fimbriata)
4.      Penyakit pada Daun : Embun tepung (jamur olidium heveane), Penyakit Phytophthora ( Jamur Phytophthora botriosa)

Pengendaian dan Pencegahan Penyakit Karet jamur:
l   Penanaman bibit sehat dan dari clon resisten
l   Pemupukan lengkap dan seimbang (makro – mikro) dengan jenis pupuk , dosis dan waktu yang tepat
l   Taburkan Natural Glio sebelum atau pada saat tanam atau sanitasi kebun
l   Pemangkasan tanaman penutup yang terlalu lebat
l   Bagian yang terserang segera di musnahkan
l   Penyadapan tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dekat tanah
l   Pisau sadap stiril
l   Kusus penyakit embun tepung, daun di gugurkan lebih awal dan segera di pupuk nitrogen dengan dosis dua kali lipat dan semprot POC NASA 3 – 5 tutup / tangki.
HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KARET DAN PENCEGAHANNYA

Catatan : Jika pengendalian hama penyakit dengan menggunakan pestisida alami belum mengatsi dapat di pergunakan pestisida kimia yang di anjurkan. Agar penyemprotan pestisida kimia lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan perekat perata AERO 810, dosis 5 ml (1/2 tutup ) per tangki.
Penyemprotan herbisida (untuk gulma ) agar lebih efektif dan efisien dapat juga di campur dengan peekat perata AERO 810 dosis 5ml per tangki.
Panen Karet
l   Penyadapan pada umur 5tahun, dan dapat di lakukan selama 25 – 35 th
l   Pemakaian POC NASA, HORMONIK DAN SUPERNASA secara teratur akan mempercepat penyadapan pertama kali dan memperlama usia produksi tanaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KARET DAN PENCEGAHANNYA"

Posting Komentar